Menghindari Makanan Pantangan Asam Urat


Salah satu cara dalam menjauhkan timbulnya rasa nyeri pada penderita asam urat adalah dengan meninggalkan atau menghindari makanan pantangan asam urat. Beberapa jenis makanan ternyata mengandung senyawa tertentu yang dapat memicu pembentukan asam urat dalam darah.

Makanan Pantangan Asam Urat


Ketika asam urat dalam darah mengalami peningkatan yang cukup tinggi, maka asam urat seringkali menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri yang luar biasa, bahkan hingga mampu menimbulkan pembengkakan.

Berdasarkan informasi dari Harvard Medical School, asam urat memiliki bentuk seperti kristal yang tidak beraturan dan sangat tajam. Ketika menumpuk dan menyumbat pemuluh darah, kristal tersebut akan menyebabkan inflamasi, kemerhan, serta rasa sakit yang hebat.

Beberapa jenis makanan tertentu beserta alkohol mampu meningkatkan pembentukan asam urat dalam darah. Namun demikian, masih ada beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat. Untuk menghindari rasa nyeri yang luar biasa, maka Anda bisa menghindari makanan pantangan asam urat tersebut.

Beberapa Jenis Makanan Pantangan Asam Urat


Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya kalian tinggalkan jika kalian merupakan penderita asam urat:

Makanan Jenis Seafood


Seafood atau makanan laut mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Kerang, ikan asin, teri, sarden, kepiting, tiram, lobster, dan udang menjadi beberapa jenis makanan pantangan asam urat.
Makanan Olahan Jeroan

Jeroan seringkali menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Namun demikian, ternyata jeroan mengandung senyawa purin yang cukup tinggi, seperti hati, ampela, usus, dan organ lainnya. Maka dari itu, salah satu cara menghindari rasa nyeri pada tubuh adalah dengan membatasi makanan jeroan ini.

Beberapa Sayuran Hijau: Bayam dan Kol


Sejumlah sayuran hijau seperti bayam dan kol mengandung purin yang tinggi dan bisa mengakibatkan asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi bayam dan kol agar kadar asam urat dalam darah tidak meningkat.

Minuman Beralkohol


Minuman beralkohol juga mengandung banyak purin dan dapat mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada persendian. Selain tidak baik untuk penderita asam urat, minuman beralkohol menjadi tidak baik bagi kesehatan seluruh tubuh.

Beberapa jenis makanan di atas mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Sedangkan purin menjadi salah satu bahan mentah untuk menghasilkan asam urat. Ketika telah tertimbun dan menyumbat aliran darah, maka asam urat menghasilkan rasa nyeri yang luar biasa diiringi dengan pembengkakan dan berubahnya warna kulit menjadi kemerahan.

Oleh karena itu, hindari makanan pantangan asam urat agar tubuh tetap sehat. Dan yang paling penting adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Anda bisa menerapkannya dengan gemar berolahraga, menghindari makanan instan, menjauhi rokok, serta mengelola stress dengan baik.

Komentar