Berbicara Sendiri, Apakah Gila?? AKONSIUS

Sudah lama ni ga nge-post.. soalnya lagi sibuk persiapan buat ospek nih.. selain itu juga belum ada ide yang nongol hehehe. Tapi barusan aja keingat sama pemikiranku yang dulu. "BERBICARA SENDIRI".

Setiap hari pasti kita selalu berbicara pada diri kita sendiri, tapi pastinya hanya dalam batin, iya kan?. nah kalo hal yang akan kita bahas kali ini adalah berbicara sendiri dengan suara yang dikeraskan, tidak hanya dalam batin. Itulah hal aneh yang ku alami. Terkadang apabila ada hal aneh yang ku alami, atau ada kejadian yang menurutku kurang pas, aku sering bicara sendiri mengenai hal yang aneh atau kurang pas itu. Entah membenarkannya, ataukah menyalahkannya, intinya aku mengomentari hal tersebut. Mungkin dari teman-teman ada yang mengalaminya juga?

Awalnya aku biasa aja dan nganggep biasa aja kebiasaan anehku ini. Tapi, ketika pelajaran Biologi, ibu guru bilang, "..... yang penting ga bicara sendiri, malah kayak orang gila!".
Kebiasaanku muncul lagi, menganalisis potongan perkataan ibu guru tadi.
"Lho, aku kan sering bicara sendiri, apa jangan-jangan aku punya kelainan?" pikirku waktu itu.

Nah, langsung saat itu, aku tidak konsen mengikuti pelajaran. Aku langsung memikirkan hal itu tadi. Setelah pelajaran selesai, aku mencari info terkait dengan bicara sendiri. Banyak sekali info-info yang muncul, hingga aku mendapatkan istilah untuk kejadian aneh ini, namanya AKONSIUS=kebiasaan berbicara sendiri. Aku semakin penasaran dengan akonsius ini. Aku terus mencari-cari info.
Dan ternyata..... kalian jangan khawatir. Kebiasaan ini biasanya terjadi pada orang yang tidak suka sharing/curhat mengenai masalah-masalahnya kepada orang lain, sehingga orang itu hanya memikirkannya sendiri, dan lama-kelamaan ia akan mencoba untuk berbicara sendiri mengenai apa yang ia lihat, atau masalah yang dialaminya sendiri(kaya ngobrol sama orang lain gitu, padahal ya cuma sendiri). Hal ini dilakukan oleh seseorang karena dengan melakukan hal tersebut, orang ini akan merasa lega dan nyaman, pikirannya pun juga akan merasa tenang karena terasa telah mencurahkan pemikiran kepada orang lain.

Kebiasaan ini bertujuan untuk membuat si penderita merasa lega dengan masalah yang dihadapinya. Dan biasanya, akonsius ini diderita oleh orang yang pendiam, kemudian mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Kebiasaan ini memang tidak berbahaya. Namun apabila berlebihan, mungkin kita dapat dipandang negatif oleh orang lain yang melihat kita melakukan hal aneh itu. Nah.. alangkah baiknya, kita mencurahkan isi hati atau pemikiran kita pada orang lain yang kita percayai sehingga kita bisa lega. Selain itu kita bisa juga mendapatkan masukan-masukan yang mungkin berharga bagi kita. semua itu terserah kalian, selama hal itu tidak mengganggu dan merugikan diri kita, ga masalah kok.

Intinya, akonsius ini tidak bahaya, selama kita tidak berlebihan dalam melakukannya. Akonsius hanyalah suatu cara bagi kita untuk meng-ekspresikan pemikiran dan perasaan kita. Jadi jangan berpikiran bahwa bicara sendiri itu GILA. Oke??! :D
Beda orang, beda pandangan. yang terpenting adalah lakukan hal yang baik dan lakukan yang terbaik..

QUOTES10: "Desa mawa cara, negaramawa tata. Arti dari pepatah jawa ini adalah, beda tempat atau daerah, maka aturan atau norma yang ada di daerah itu pasti juga berbeda, jadi jangan samakan antara norma di suatu daerah dengan daerah lain, mungkin saja norma yang ada berbeda dengan daerah lainnya"

Komentar

  1. Iyaa ini sama banget sama saya..saya ngerasa lesa setiap kali saya ngomong sama "diri sendiri" saya emang berdaya imajenasi tinggi..tapi saya bukan type orang pendiam..bahkan saya punya beberapa sahanat yg sering saya ajak curhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow.. bukan pendiam dan sering curhat tapi akonsius.. berarti setiap orang berbeda-beda ya.. :)

      Hapus
  2. thanks for the share
    Saya juga punya kebiasaan berbicara sendiri yang cukup parah, kalau dianggap aneh oleh orang lain sih engga, cuma dianggap mengganggu kadang. kebiasaan ini saya lakukan tanpa sadar, sampai akhirnya ada yang negur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih.. :)
      ya terkadang tanpa sadar kita sudah keceplosan.. tp kalo yang saya alami tapi tidak terlalu parah.. :)

      Hapus
  3. Terima kasih infonya kak! Aku setiap hari bicara sendiri, dan aku juga punya teman imajinasi ku sendiri. Kakak kelas aku ada yang nganggep aku gila, tapi karena aku bodo amat aku akhirnya mencari tahu tentang akonsius. Makasih infonya kak!!! ^^

    BalasHapus

Posting Komentar