7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol! Terbukti Ampuh

Mengonsumsi jenis makanan penurun kolesterol menjadi salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menurunkan kolesterol atau lemak jahat pada tubuh. Selain diproduksi oleh tubuh, kolesterol bisa berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.


7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol


Kenali 7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol


Bagi Anda yang memiliki gangguan kelebihan kolesterol dalam tubuh, dilansir dari Hardvard Health Pulishing, terdapat beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan kolesterol. Adapun 7 jenis makanan yang dapat menurukan kadar kolesterol dalam darah yaitu:

Makanan Penurun Kolesterol: Oat


Salah satu makanan yang dapat membantu menurukan kolesterol dalam darah adalah oat. Dengan rutin mengonsumsi oat sebagai menu sarapan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pisang dan beri.

Makanan Penurun Kolesterol: Biji-Bijian


Biji-bijian mengandung protein larut yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi biji-bijian, maka Anda juga akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa mengonsumsi biji-bijian dapat membantu menurunkn berat badan.

Makanan Penurun Kolesterol: Kacang-Kacangan


Studi menunjukkan, mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan jenis kacang-kacangan lain dapat menyehatkan jantung. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi kacang-kacangan, maka kadar kolesterol dalam darah dapat berkurang cukup signifikan.

Makanan Penurun Kolesterol: Minyak Sayur


Mengonsumsi minyak sayur dengan menambahkannya pada makanan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Makanan Penurun Kolesterol: Buah-Buahan


Buah apel, anggur, strawberi dan jeruk mengandung pektin yang cukup tinggi. Sedangkan pektin ini merupakan sebuah tipe serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL.

Makanan Penurun Kolesterol: Makanan yang Telah Difortifikasi dengan Sterol dan Stanol


Senyawa sterol dan stanol yang diekstraksi dari tanaman mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolersterol dari makanan. Dengan mengonsumsi sekitar 2 gram sterol dan stanol setiap hari mampu menurunkan kolesterol hingga 10%.

Makanan Penurun Kolesterol: Minyak Ikan


Mengonsumsi ikan sebagai pengganti daging dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. Perannya adalah dengan mengurangi lemak jenuh yang meningkatkan kadar LDL serta menyuplai omega 3 yang mampu menurunkan kadar LDL.

Makanan Penurun Kolesterol: Suplemen Serat


Dengan mengonsumsi suplemen serat, maka selain menjaga rasa kenyang, serat larut ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol.



7 jenis makanan di atas merupakan makanan penurun kolesterol. Selain menjaga jenis makanan yang Anda konsumsi, Anda juga harus menerapkan pola hidup yang sehat seperti tidak merokok, tidak minum-minuman keras, rajin olahraga, dan mengelola stress.

Komentar