Cara Membersihkan Telinga dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan Telinga yang Baik dan Benar
Cara membersihkan telinga yang baik dan benar harus diketahui agar tidak terjadi berbagai gangguan kesehatan. Walaupun memang kebersihan telinga harus selalu dijaga, namun cara membersihkan telinga harus diketahui bagaimana caranya yang baik dan benar, sehingga aman untuk dilakukan.

Kotoran yang berada di dalam saluran telinga merupakan berbagai partikel debu yang masuk ke dalam saluran telinga dan disaring oleh rambut-rambut halus yang ada di dalam saluran telinga. Selain berperan dalam melindungi saluran telinga dari berbagai serangga atau benda asing yang masuk, kotoran yang terlalu menumpuk dapat menjadi sarang bagi berbagai penyebab penyakit.

Cara Membersihkan Telinga yang Aman untuk Dilakukan
Membersihkan saluran telinga adalah salah satu tindakan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Namun demikian, membersihkan saluran telinga dari kotoran juga harus dilakukan dengan baik dan benar, sehingga aman untuk diterapkan. Berikut cara membersihkan telinga yang aman untuk dilakukan:
a.      Menggunakan obat tetes khusus telinga
Menggunakan obat tetes telinga sebelum membersihkan kotoran yang ada di dalam saluran telinga, akan sangat membantu membersihkan kotoran telinga. Sebab, dengan menggunakan obat tetes telinga, kotoran dalam saluran telinga akan melunak dan dapat dikeluarkan dengan mudah. Untuk mengeluarkan kotoran dalam saluran telinga yang telah melunak yakni dengan cara meneteskan air hangat ke dalam saluran telinga. Dengan cara ini, kotoran yang telah melunak dan lepas akan terbawa keluar bersama dengan air hangat.
b.      Hindari Menggunakan Cotton Bud atau Senjata Tajam
Cara membersihkan telinga dari kotoran-kotoran adalah dengan menggunakan alat yang lembut dan tidak tajam. Alat yang keras atau tajam ditakutkan dapat melukai dinding saluran telinga atau bahkan merusak gendang suara. Hindari juga penggunaan cotton bud karena resikonya yang lebih besar daripada manfaatnya.
c.       Membersihkan Telinga dengan Bantuan Dokter
Membersihkan telinga akan lebih aman untuk dilakukan ketika dalam pengawasan dokter atau dilakukan langsung oleh dokter. Dokter dapat membantu membersihkan telinga dengan menggunakan alat khusus dalam membersihkan telinga.
d.      Melakukan Pemeriksaan dan Pembersihan secara Berkala pada Petugas Kesehatan
Akan lebih baik apabila menghubungi dokter untuk memeriksa kesehatan saluran pendengaran dan membersihkannya dari kotoran yang menumpuk.

Akibat dari Cara Membershikan Telinga yang Tidak Baik dan Benar
Berbagai cara membersihkan telinga yang dilakukan dengan tidak baik dan tidak benar dapat menyebabkan berbagai hal berikut:
a.       Telinga terus berdenging;
b.      Infeksi pada saluran telinga;
c.       Rasa nyeri dalam saluran telinga;
d.      Terjadinya iritasi saluran telinga;
e.      Gendang telinga rusak atau pecah.

Oleh karena itu, cara membershikan telinga harus dilakukan dengan baik dan benar, sehingga kebersihan dan kesehatan tubuh akan tetap terjaga. 

Komentar