Pantai Gunungkidul yang Indah

Welcome back..
Sekarang saya mau gantian kasih info mengenai pantai di gunungkidul yang indahnya, kayak pantai(haha). Di Gunungkidul kan banyak sekali pantai, sampai-sampai kita bingung mau berkunjung kemana, dan mana pantai yang paling indah. untuk memastikannya, aku mencoba mengunjungi berbagai pantai yang ada di Gunungkidul, namun belum sempat semuanya sih.. dan hasilnya.. EKSOTISnya pantai gunungkidul. Dari pada pantai di Bali pilih pantai Gunungkidul aja lah..(gara2 ga puas study tur ke Bali).

Gunungkidul itu, meskipun banyak yg bilang ndeso, tapi tetep jadi tempat terindah yang pernah ku kunjungi. Tentram, adem, nyaman, banyak tempat rekreasi, banyak makanan khas, adat istiadat.. wah, pokoknya Gunungkidul tetep the best lah. buat yang bilang Gunungkidul jelek bakalan nyesel!!

Langsung saja, Keindahannya menurut versiku aja, untuk kalian mungkin ada yang berbeda. Dari Pantai di ujung timur aja ya

1. Pantai Wediombo
Trip kami mulai dari Pantai Wediombo. jika kalian mau menuju pantai ini, bersabar dikit lah ya, soalnya jalannya banyak tanjakan. tapi walaupun susah nyampe sini, pantainya indah kok. kalian ga bakalan nyesel deh. :D
Di pantai ini, ada juga sebuah karang yang berbentuk mangkok besar berisi air laut yang berasal dari ombak. nah, di situ kalian bisa juga mandi, asik kok :D.
pantai ini dinamakan wediombo karena di sini terhampar luas pasir putih nan indah. wedi=pasir dan ombo=luas. Pantai ini juga sering dijadikan sebagai pilihan pertama bagi wisatawan yang mau nge-camp. Bagi para mancing mania, Pantai Wediombo juga menjadi pilihan utama karena Pantai ini banyak terdapat ikan.
  

2. Pantai Jungwok
Pantai ini tepat berada di samping pantai Wediombo. Jalan menuju pantai ini agak sulit, karena jalannya terjal, belum ada pembangunan jalan. Letak jalan masuknya ada pas kita mau nyampe di wediombo, di kiri jalan, ada petunjuk jalannya. Pantai ini dijamin SEPIIII.. tapi indah banget brooo. hamparan pasir datar, cocoknya kalian ke sini pas sore hari..:D
keren bukan :D
nah,, apik to.. ? :D
YOU HAVE TO TRY IT...! ahaha

3. Pantai Jogan
Pantai jogan ini terletak di dekat pantai siung. tapi menurutku pantai siung tidak terlalu menarik. Jalan menuju pantai jogan hanya melalui jalan cor blok. jalan masuk pantai ini ada setelah masuk TPR pantai siung, kemudian ada plakat kecil yang menunjukkan arah pantai jogan, kalian ikuti saja jalan itu terus. kemudian nanti kalian akan sampai di parkiran pantai jogan yang sangat simple, mungkin kalo bis susah buat masuk ke situ.
Pantai ini memang kurang terkenal, kurang pengunjung.. tapi kami mencba ke situ dan ternyata indah sekali. ternyata pantai jogan ini hanya kecil. seperti sebuah jurang(tapi ada jalannya buat turun), dan dari atas mengalir sungai kecil sehingga tercipta air terjun yang langsung mengalir ke pantai. indah banget kan!!


bagus toh..
Tepat di bawah air terjun ada batu-batu yang cukup besar, menambah keindahan pantai kecil ini. Air terjun ini katanyaa bisa menambah aura positif kita dan membuang aura negatif dari diri kita(bukan mitos, tapi riset, mengatakan bahwa molekul-molekul air yang bertabrakan akan membawa ion positif dan membuang ion negatif pada diri kita).


ini si faulana arum narsis :D

4. Pantai Pok Tunggal
Sebelumnya, pantai ini terlalu terkenal, akan tetapi karena keindahanya, sekarang tempat ini ramai akan pengunjung. saat kami ke sana dulu masih sepi, tapi jalannya belum di renovasi, masih batuan biasa, belum di cor/diaspal. tapi setelah nyampai di sana, semua capek rasanya hilang setelah melihat keindahan pantai ini, pasir putih yang luas dan indah semakin membuat kami cinta pada pantai ini.
di pantai ini juga ada mata air lho guys. Letaknya paling cuma 50 meter dari bibir pantai. Mata air ini tepat berada di bawah pok(pangkal) pohon. (mungkin nama pok tunggal dari situ kali ya)..
itu pohonnya keren bgt..
pasirnya agak miring 
5. Pantai Baron
Nah, mungkin kalo pantai yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Pantai baron ini menjadii tujuan utama para wisatawan. Karena, di pantai ini kalian bisa menikmati besarnya ombak pantai baron sekaligus menikmati sungai yang mengalir di samping pantai(sungainya pindah-pindah: kadang di pinggir, kadang memotong pasir menuju pantai).
nih pantai baron, asik buat mainan ombak

Banyak sekali wisatawan yang hampir sampai tengah untuk berenang, hingga akhirnya sudah ada beberapa nyawa yang melayang di pantai ini akibat tidak menghiraukan himbauan dari tim SAR. akan tetapi, jika kalian berhati-hati, tempat ini sangatlah mengasikkan, bermain dengan ombak bersama teman anda. :D

selepas kalian berenang di pantai, kalian bisa langsung menuju sungai untuk membersihkan diri dari garam laut :) tapi yang ga bisa berenang, hati-hati ya, meskipun dnampaknya sungai ini tenang dan dangkal, tapi arus di sungai ini sangat deras, dan yang lebih bahaya lagi, mengarah ke pantai. walaupun tepinya dangkal, tetapi sekitar 2 meter dari garis air, sungai ini langsung menjorok ke dalam, sekitar 2 meter kedalamannya.

nah, belum selesai, kalian harus naik ke gunung yang ada di Pantai Baron. dengan uang 2 ribu rupiah, kalian diperbolehkan untuk menaiki gunung itu melalui anak tangga yang sangat banyak. Tapi semua kecapekan akan segera terbayar ketika kalian sampai di atas (enaknya sih sore2). pemandangannya wooow, keren, asliii..
View dari bukit Pantai Baron

Nah itu semua pantai gunungkidul yang terindah versi saya.. Semoga bermanfaat bagi teman-teman.. :D
Selamat berpetualang, jaga kesehatan, keselamatan, dan ibadahnya. Walaupun kita sedang liburan, jangan lupakan tujuan kita di dunia, ibadah..:D

QUOTES10: "Seindah-indahnya perhiasan diri adalah budi pekerti yang baik, dan seindah-indahnya perhiasan dunia adalah istri yang sholihah :D"

Komentar